Panduan Anda Untuk Peternakan Kambing

Kambing menghasilkan dua produk yang sangat penting dalam peternakan kambing – susu dan daging. Di sebagian besar peternakan kambing besar, kambing diperlakukan seperti sapi perah karena akomodasi mereka di dalam ruangan dan mereka diperah dua kali sehari. Peternak besar memiliki lebih dari 400-500 kambing di peternakan mereka.

Musim kawin kambing di peternakan adalah dari bulan Agustus hingga Maret. Kehamilan kambing berlangsung selama
memperhatikan produksi domba empat bulan dan umumnya dikembangbiakkan setahun sekali, sehingga anak-anaknya lahir antara bulan Januari hingga Agustus. Kambing betina melahirkan satu sampai lima anak dan diharapkan melahirkan anak kembar.

Seekor kambing betina di peternakan bisa mulai kawin setelah berumur tujuh sampai sembilan bulan sekaligus bisa diperah setelah kambing mencapai satu tahun. Kambing mudah melahirkan, sehingga tidak diperlukan bantuan khusus. Namun, para peternak perlu memastikan bahwa anak-anak tersebut diasuh dari ibunya, jika tidak, mereka harus diberi makan dari botol. Ini harus dilakukan segera setelah anak lahir karena pada saat itulah ia menerima ASI pertama yang disebut kolostrum. Setelah diberi makan kolostrum yang mengandung mineral, vitamin dan antibodi selama beberapa hari, anak bisa diberi susu formula atau bisa disusui oleh ibunya.

Mengembangbiakkan kambing di peternakan sangat mirip dengan beternak sapi. Anak kambing harus diberi susu formula sampai bisa disapih; ini terjadi setelah mereka mencapai usia lima hingga tujuh minggu. Inilah saatnya kambing diperah.

Dalam sebuah peternakan kambing betina diberi waktu dua bulan sebelum melahirkan, mereka membutuhkan waktu tersebut agar bisa memberikan nutrisi kepada anaknya setelah lahir. Sejauh memerah susu kambing di peternakan harian, kambing diperah dua kali sehari, biasanya dalam interval 12 jam. Susu dapat diekstraksi dengan mesin atau dengan tangan tergantung pada jenis teknik dan tenaga kerja yang dimiliki peternakan kambing. Hal lain yang membuat pembiakan kambing dan sapi serupa adalah keduanya menggunakan buku harian produksi terbaru yang harus memenuhi persyaratan higienis tertentu.

Jika peternak lebih tertarik pada produksi daging, maka anak kambing harus dirawat dari delapan hingga sepuluh minggu. Setelah itu mereka diberi makan jerami, biji-bijian dan padang rumput sampai berat badan mereka cukup, yang dapat bervariasi dari 35 hingga 90 pon.

Ketika seorang petani membudidayakan kambing untuk diambil dagingnya, ia harus mempertimbangkan jenis kambing
jual domba murah area klaten, yogyakarta tersebut dan kemudian memutuskan berapa bobot optimal kambing yang harus dicapai. Jenis kambing yang berbeda mencapai bobot yang berbeda pula. Peternakan kambing mungkin bukan hal pertama yang Anda pertimbangkan ketika berbicara tentang beternak, tetapi ini adalah kegiatan bisnis yang menguntungkan dan menyenangkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *